Lolos Regular Course SEAQIM

(sumber gambar: www.qitepinmath.org)

Lolos Regular Course SEAQIM  - SEAMO Regional Center for QITEP in Mathematics (SEAQIM) merupakan sebuah lembaga di bawah Southeast Asian Minister of Education Organization (Organisasi Menteri-menteri Pendidikan se-Asia Tenggara). Mandat utama SEAQIM adalah meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan matematika di lingkup negara anggota SEAMO. Sehubungan dengan hal tersebut, SEAQIM memprogramkan kegiatan Regular Course dalam skala regional yang pesertanya dipilih melalui seleksi.

Di tahun 2023 ini, SEAQIM mengagendakan 5 kursus reguler (ada dipostingan sebelumnya), salah satunya adalah Southeast Asian Realistic Mathematics Education (SEA-RME). Sejak pertama mendengar cerita tentang RME ini saya langsung tertarik. Kisah ini pernah saya ceritakan dalam salah satu tulisan beberapa tahun yang lalu (disini). Sayangnya, meski sudah mengulik informasi dari berbagai sumber, saya masih belum bisa memahami secara utuh apa dan bagaimana membelajarkan murid dengan RME ini. Alhamdulillah, Allah memberikan petunjuk agar saya bisa menuntaskan rasa penasaran ini tentangmu, wahai RME. Akhirnya, bermodalkan 'nekat' saya mencoba daftar kegiatan ini sekitar awal bulan Febriari. 

Tidak lama kemudian, tepatnya tanggal 15 Februari, saya menerima pesan WA yang menyatakan saya lolos ke tahapan seleksi selanjutnya, yaitu tes wawancara dalam bahasa inggris dan tes QEPT (SeaQim English Profeciency Test). Rasanya senang sekali, akhirnya ada peluang untuk mengenal RME secara lebih dekat. Tapi, juga merasa kurang pede dengan kemampuan bahasa inggris yang pas-pasan. "Duuhhh bisa ga ya?", jadi sering ngomong sendiri sejak menerima pesan WA dari pihak SEAQIM. Yasudahlah, I will try my best, satu-satunya kalimat penyemangat yang bikin lebih semangat :D

Hari tes wawancara tiba, setelah menyelesaikan tugas mengajar, saya izin untuk meninggalkan sekolah lebih dulu. Maklum, jaringan di sekolah sering nyangkut ke desa sebelah 😭😭😭  Ternyata wawancaranya cuma sebentar. Selesai wawancara masih terngiang-ngiang moment diam karena memikirkan vocab yang sebenarnya sudah diujung lidah tapi dia enggan untuk bersuara. Yasudahlah, I've tried my best, lagi-lagi kalimat penyemangat yang sudah dimodifikasi 😂. Keesokan harinya, saya mendapat pesan lagi dari SEAQIM yang menginformasikan tentang tes QEPT. Lagi-lagi bermodalkan kemampuan bahasa inggris alakadarnya, saya menyelesaikan tes tersebut dengan harapan jika skornya jelek, semoga malaikat berkenan untuk merubahnya jadi baik.

Seperti gayung bersambut, niat baik saya terhadap RME akhirnya mendapatkan jawaban. Alhamdulillah saya dinyatakan sebagai salah satu dari 33 kandidat peserta yang akan mengikuti Regular Course SEA-RME. Senang sekalii. Semoga saya bisa belajar dengan baik dan fokus sehingga bermanfaat untuk saya dan orang lain, terutama untuk murid-muridku tercintaa ❤️



Info kelulusan bisa di cek disini

Post a Comment

1 Comments