EPIC, CANVA + ASSEMBLR EDU BISA JADI APA??


 Berbicara tentang teknologi dalam pembelajaran memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada hal baru yang membantu guru untuk lebih produktif, bahkan menjadi lebih inovatif. Pada tulisan sebelumnya (disini), penulis menyampaikan bagaimana Canva dapat memudahkan pekerjaan kita dengan memanfaatkan fitur AI yang super canggih. Penulis juga sudah pernah membahas contoh media pembelajaran yang dibuat dengan memanfaatkan Studio Assemblr  (disini). Nah, pada tulisan kali ini, penulis ingin berbagi informasi kalau sekarang kita dapat mengintegrasikan proyek Assemblr EDU dengan Canva sehingga menghasilkan media pembelajaran yang tidak hanya menarik dan interaktif, namun juga akan lebih menyenangkan bagi siapa saja yang mengaksesnya, terutama murid. 

Assemblr EDU merupakan platform/aplikasi yang membantu guru dan murid untuk membuat dan berbagi bahan ajar interaktif berbasis AR (Augmented reality). Dengan bantuan teknologi 3D dan AR, pengalaman belajar murid tentu akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sementara Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang sangat mudah digunakan dan saat ini Canva for Edu sering dimanfaatkan oleh guru dalam membuat materi presentasi, video, ataupun media pembelajaran lainnya.

Sebenarnya, pengguna bisa menambahkan aset 3D pada Canva yang diambil dari platform yang menyediakan konten 3D, seperti Sketchfab atau platform lainnya yang serupa. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Embeds pada menu aplikasi. Namun, dengan memanfaatkan Studio Assemblr, pengguna dapat lebih leluasa untuk membuat sendiri konten sesuai keinginannya. Dengan adanya fitur interactivity pada studio Assemblr, pengguna juga dapat mengasilkan media yang lebih  interaktif dan inovatif. Bahkan, memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah game pembelajaran. Menarik bukan?

Berikut ini adalah dua contoh media pembelajaran dengan mengintegrasikan Assemblr EDU dan Canva

Media 1

contoh media terintegraasi dengan assemblr by Etrin Junintha Pradipta

Media 2

Bilangan Bulat by Etrin Junintha Pradipta Wintery Inspirational Presentation by Etrin Junintha Pradipta


Demikian contoh media yang dibuat dengan mengintegrasikan proyek Assemblr dan Canva. Keren banget kan? 
Setelah membaca tulisan ini, Sahabat bisa mengkreasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Selamat berkreasi ^_^

Semoga tulisan ini bermanfaat

Post a Comment

0 Comments