CANGGIH 😍 Makin Mudah Ngedesain dengan AI Canva

 

Aset blog canva AI by Etrin Junintha Pradipta

"There's always going to be things that come in a trendy and fun way for people to play with, but people  need to get their goals done. They need to achieve certain outcomes", Melanie Perkins said what canva is doing with artificial intelligence, as quoted by Forbes.
Canggih, Fitur AI Canva - Hadirnya kecerdasan buatan (AI) belakangan ini sedang ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Tentu saja hal ini memberikan beberapa kemudahan, terutama bagi guru dalam membuat desain, bahan presentasi, atau video pembelajaran. 
Dalam postingan sebelumnya, penulis bercerita tentang bagaimana Canva for Education dapat digunakan dalam membuat media interaktif. Nah, pada tulisan kali ini, penulis akan menceritakan bagaimana fitur AI canva membuat kita lebih leluasa dalam mendesain presentasi atau video.

Berikut ini adalah beberapa fitur AI Canva yang sangat keren dan dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita

Magic Design
Salah satu alasan mengapa Canva mudah digunakan adalah karena tersedianya beragam template yang bisa dikostumisasi dengan mudah. Pengguna hanya perlu mengutak-atik elemen yang ada didalamnya sesuai dengan selera dan kebutuhannya.  Dengan ditambahkannya fitur magic design saat ini, waktu yang dibutuhkan dalam memilih template menjadi lebih singkat. Cara kerja magic design adalah menciptakan template berdasarkan gambar atau foto yang diunggah. Berikut adalah contoh penggunaan magic design.

Setelah memasukkan media berupa gambar murid, maka akan muncul pilihan template yang bisa digunakan.

Adapun yang tidak kalah menarik dalam penggunaan fitur magic design adalah untuk membuat presentasi ajaib. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan template berdasarkan kalimat yang dimasukkan. Caranya cukup mudah, di sudut kanan bawah editor tersedia tombol asisten canva (bintang biru), pilih magic design atau desain ajaib pada rekomendasi tindakan. Selanjutnya, masukkan atau jelaskan presentasi yang diinginkan, kemudian tekan enter. Akan muncul beberapa rekomendasi desain yang dapat dipilih dan untuk menggunakannya klik buat presentasi saya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut


Magic Write
Tidak ingin ketinggalan dengan trend penggunaan AI dalam menulis, sekarang canva juga menyediakan AI text generator berupa fitur bernama magic write. Fitur ini siap membantu merangkai kata demi kata bahkan menjadi beberapa paragraf dikala pengguna kehabisan ide untuk menulis. Jika beberapa waktu lalu fitur ini hanya tersedia di Canva docs saja, namun tidak usah khawatir sebab saat ini magic write juga sudah dapat dimanfaatkan untuk segala jenis proyek Canva. 
Adapun cara memanfaatkan fitur ini sangat mudah, cukup melalui tombol asisten canva, maka akan muncul pilihan fitur magic write sebagai rekomendasi tindakan. Selanjutnya masukkan kalimat yang mendeskripsikan tulisan yang diinginkan dan klik enter. Maka, akan muncul tulisan sesuai kalimat yang dimasukkan. 
Magic Edit
Adanya fitur elemen di Canva memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai macam gambar yang diinginkan. Namun, tidak menutup kemungkinan terkadang apa yang muncul  justru tidak sesuai dengan yang diinginkan. Fitur magic edit hadir untuk menghadirkan foto sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. 
Fitur ini mirip seperti magic eraser. Bedanya, di fitur ini pengguna bukan untuk menghapus objek, melainkan pengguna bisa dengan mudah menambahkan atau mengganti objek sesuai yang diinginkan. Contoh penggunaan magic edit dapat dilihat pada gambar berikut

Text to image
Fitur yang satu ini tidak kalah keren dengan fitur lainnya yang telah disebutkan di atas. Text to image merupakan fitur ajaib yang bisa mengubah imajinasi pengguna menjadi gambar sungguhan. Jika dulu imajinasi seseorang sulit untuk digambarkan jika orang tersebut tidak pandai melukis, namun dengan adanya fitur ini di Canva, tentu sangat memudahkan penggunanya dalam menunjukkan imajinasinya. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan menuliskan deskripsi gambar apa yang diinginkan. Selanjutnya akan muncul beberapa rekomendasi gambar yang dapat dipilih. Berikut adalah contoh rekomendasi gambar ketika penulis mendeskripsikan "seekor panda naik sepeda di hutan"


D-ID AI Presenter
Tersedianya fitur ini di Canva memudahkan pengguna dalam membuat video presentasi yang sangat menarik dengan menampilkan karakter yang dapat berbicara. Pengguna hanya perlu memasukkan perintah berupa teks saja dan video presentasi dapat langsung dibuat tanpa melalui proses take video maupun editing. Menarik bukan?
Dalam menampilkan presenternya, pengguna dapat menggunakan gambar sendiri atau memilih karakter yang sudah disediakan. Selain itu, pengguna dapat memilih berbagai macam bahasa dengan suara yang berbeda, baik suara laki-laki maupun perempuan. Untuk melihat contoh penggunaan fitur ini, Sobat bisa menscroll kembali ke bagian awal tulisan pada blog ini.
Cara memanfaatkan fitur ini cukup mudah. Pertama, pilih fitur D-ID AI Presenter pada menu aplikasi, kemudian pilih presenter (dapat mengupload foto diri) dan masukkan teks yang diinginkan. Selanjutnya, pilih bahasa dan suara serta jangan lupa untuk melakukan pratinjau suara terlebih dahulu. Sebab, untuk akun canva for education, pengguna hanya bisa memanfaatkan fitur ini secara gratis sebanyak 20 kali.
Itulah beberapa fitur Canva berbasis AI yang dapat digunakan. Tentu masih banyak fitur lainnya yang menarik, namun disimpan dulu ya buat jadi bahan tulisan selanjutnya 😝
Intinya, semakin banyak kita mengeksplore, maka semakin banyak kita tahu
Untuk Bapak Ibu Guru dimana pun berada, sayang banget kan kalau akun Canva for Educationnya tidak dimanfaatkan dengan baik.  
Masih belum terlambat untuk mulai berkarya, yuk mulai yuk
Semangat . . .
Semoga apa yang penulis bagikan kali ini bermanfaat untuk kita semua 😉









Post a Comment

8 Comments

  1. Luar biasa bu Etrin, teruslah berbagi dan kapan kapan saya juga mau belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maasyaallah terima kasih sudah mampir bapak
      insyaallah pak siapp 😉

      Delete
  2. AI memang buat kerjain jadi lebih efesien ya, semua dibuat serba mudah dalam waktu yg singkat. Terima kasih infonya bu guru, ndk siap mau coba AI di Canva

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. AI memang buat kerjain jadi lebih efesien ya, semua dibuat serba mudah dalam waktu yg singkat. Terima kasih infonya bu guru, ndk sabar mau coba AI di Canva

    ReplyDelete
  5. Mantap bu guru,,sukses buat mu

    ReplyDelete
  6. Waaah baru tau manfaat fitur "magic" di canva. Luar biasa. Mendesain jadi lebih mudah. Terima kasih infonya 💕

    ReplyDelete
  7. Mantap jgn In house training bu etrin

    ReplyDelete