Solusi Menghadapi Gaya Belajar Siswa dengan Canva for Education

"Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis-jenisnua, keindahan ukiran, dan cara-cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan tentang seni mendidik. Bedanya, guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan bathin" - Ki Hajar Dewantara

Multimedia Interaktif - Sebagai guru, kita tentu memahami bahwa murid memiliki karakteristik yang beragam. Mereka itu unik dan memiliki kebutuhan belajar yang berbeda, baik minat, gaya belajar, maupun  kesiapan belajarnya. Dalam proses pembelajaran, pasti ada saja murid yang sulit memahami apa yang disampaikan guru. Pada kondisi ini, guru tidak bisa memaksa semua murid untuk langsung memahami materi yang disampaikan karena kemampuan setiap anak berbeda. Untuk itu, guru perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk membangkitkan semangat belajar murid agar  materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 

Pemilihan media pembelajaran yang sesuai akan membantu meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan. Multimedia pembelajaran interaktif dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan karena memuat berbagai media sehingga mampu mengakomodasi kebutuhan siswa yang berbeda.  Selain bentuk teks, juga bisa memuat media audio, video dan interaksi pada kuis. Hal ini mengakomodir kebutuhan belajar murid dari gaya belajar. 



Membuat Multimedia Interaktif dengan Canva

Platform atau aplikasi Canva adalah sebuah platform online yang banyak digunakan untuk mengolah desain grafis. Canva akan memudahkan kita dalam membuat media pembelajaran, salah satunya multimedia interaktif. Lebih-lebih, saat ini Bapak/Ibu guru memiliki akun belajar yang dapat digunakan untuk mengakses Canva for Education. Sayang sekali kan kalau akun belajarnya tidak dimanfaatkan. Padahal, dengan memanfaatkan Canva for Education, guru bisa menggunakan berbagai fasilitas desain grafis baik gambar maupun video secara gratis untuk membuat media pembelajaran secara maksimal dan menarik. 

Berikut ini adalah contoh multimedia interaktif yang dibuat dengan Canva

Unsur lingkaran oleh Etrin Junintha Pradipta

Fitur apa saja yang bisa kita gunakan dalam membuat multimedia interaktif dengan menggunakan canva?
Media Interaktif yang kita buat tentu akan lebih sempurna jika kita mengoptimalkan banyak fitur yang tersedia di Canva for Education. Namun, setidaknya ada 3 langkah atau fitur yang dapat dimanfaatkan agar media pembelajaran yang dibuat lebih menarik. 


Memilih template yang menarik

Untuk membuat multimedia interaktif, biasanya desaign yang digunakan adalah desain presentasi. Untuk ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita. Pada Canva, tersedia fitur desain dengan banyak pilihan template, layout, dan gaya menarik yang dapat digunakan.  Kita hanya tinggal memilih dengan cara mengklik template mana yang sesuai keinginan atau bisa juga mendesain sendiri dengan memanfaatkan fitur elemen dan teks untuk menambahkan ikon dan tulisan. 


Gunakan Tautan

Pada dasarnya, platform atau aplikasi canva desain presentasi hampir sama dengan aplikasi power point, dimana kita bisa menautkan atau membuat hyperlink untuk menuju ke situs web atau slide tertentu. Dalam multimedia interaktif yang akan dibuat, menu ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pintasan menuju slide tertentu. Caranya adalah dengan mengaktifkan terlebih dahulu gambar/tulisan/bentuk yang kita fungsikan sebagai tombol (button) dengan cara diklik. Kemudian, klik gambar tautan (jika tidak muncul, pilih titik tiga disamping tulisan animasikan). Selanjutnya, pilih slide mana yang akan dituju. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar atau video berikut
 



Tips dalam membuat tautan, tuliskan judul halaman pada tiap slide agar tidak bingung saat memilih slide tujuan. Dengan mengoptimalkan menu ini, maka tampilan media yang kita buat bisa lebih interaktif. 


Gunakan fitur  Embed atau Sematkan Link

Embed adalah kemampuan suatu program aplikasi memasukkan data atau obyek dari software lain, biasanya dengan cara memasukkan kode HTML dari platform yang ingin dimasukkan. Beruntungnya, canva juga bisa melakukan dan support aktivitas embed di dalam area design canva. 
Dalam memanfaatkan fitur embed untuk membuat multimedia interaktif, kita bisa menyematkan kuis dari google form, quiziz, educaplay, menyisipkan gambar 3D dari sketchfab atau assemblr, dan video dari youtube. Menarik bukan? 

Bagaimana cara embed atau menyematkan link? Perhatikan langkah-langkahnya pada video berikut.



Jika sudah selesai, kirimkan link kepada murid agar mereka bisa mengakses media yang sudah dibuat. Namun perlu diperhatikan pilihan saat ingin membagikan tautan media yg sudah dibuat kepada murid. Jika ingin tampilannya berupa multimedia interaktif seperti yang saya contohkan di atas, bagaimana caranya? Perhatikan langkah-langkahnya pada gambar berikut



Bagaimana? Menarik dan mudah yaaa
Yuk coba optimalkan penggunaan canva untuk mengakomodasi gaya belajar murid.
Semoga tulisan ini bermanfaat
Salam semangat
Semangat Mengajar, Semangat Belajar, Semangat Berkarya ^_^


Post a Comment

5 Comments

  1. Lengkap sekali tutorialnya, terima kasih ibu guru.

    ReplyDelete
  2. Luar biasa bu guru, sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  3. Tetap semangat bu guru ! Sangat bermanfaat🤩

    ReplyDelete
  4. Salahsatu lebihnya akun belajar; canva pro gratis untuk pendidikan. Mau desain termudah, ya canva

    ReplyDelete