Membangun Pengalaman Pembelajaran dengan Teknologi di Yayasan Generasi Muslim Cendekia

Agar silaturrahmi tidak terputus, bukannya pinjam seratus malah saling berbagi terus menerus. Begitulah, meski sudah hampir tiga tahun meninggalkan Yayasan Generasi Muslim Cendekia (YGMC), namun penulis masih tetap  menjalin komunikasi yang baik dengan rekan-rekan di Yayasan GMC. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penulis tidak pernah melewatkan YGMC dalam daftar sekolah yang menjadi target penulis melakukan aksi berbagi praktik baik inovasi pembelajaran. Begitu pula untuk tahun ini, penulis masih mendapatkan respon yang sangat baik dari Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMP IT GMC, Ibu Febri Arianti, saat menyampaikan niat untuk melakukan aksi ini. Beliau sangat antusias menerima tawaran aksi yang akan penulis sampaikan. Bahkan, KBM sampai diliburkan setelah pukul 10.00 WITA. 

Sesuai rencana, kami melaksanakan aksi berbagi dan berkarya pada hari Rabu, 17 oktober 2023 yang diikuti oleh rekan-rekan guru jenjang SMP dan MA YGMC. Aksi kali ini sedikit berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya, dimana pada kali ini diharapkan ada media yang dihasilkan oleh rekan-rekan guru, minimal satu media untuk masing-masing mata pelajaran. Selanjtunya, media tersebut diharapkan dapat diupload ke PMM sehingga dapat menjadi inspirasi bagi rekan guru yang lain. 


Praktik baik pembelajaran yang penulis sampaikan dalam aksi ini adalah bagaimana penulis mengoptimalkan penggunaan chromebook di sekolah melalui Penerapan RME berbantuan Multimedia Interaktif pada materi Fungsi di kelas 8. Selanjutnya, penulis juga menampilkan contoh multimedia interaktif lainnya yang pernah penulis buat. 

Pada kegiatan ini, penulis juga mengajak rekan-rekan guru untuk membuat sendiri media berdasarkan mata pelajaran yang diampunya. Penulis membagikan driver Articulate Storyline agar dapat diinstal pada laptop masing-masing. Selanjutnya, penulis menyampaikan tutorial penggunaan Articulate Storyline dalam pembuatan multimedia interaktif, mulai dari mengatur tampilan (player), background, mengaktifkan fitur trigger, membuat kuis, menambahkan media lainnya berupa foto, suara, video, gif, dll, juga bagaimana cara mem-publish media. 



Berikut ini merupakan media yang dihasilkan oleh salah satu rekan guru Bahasa Inggris, Ibu Maulia Pujiana.



Penulis merasa sangat senang sekaligus bangga dengan rekna-rekan guru YGMC yang terlihat sangat antusias. Meskipun beberapa diantaranya belum berhasil menginstal aplikasi. Namun, itu tidak mengurangi semangat mereka. Rekan-rekan guru terlihat menggunakan satu perangkat secara bersama-sama. 

Waktu berlalu sangat cepat ketika aktivitas yang kita lakukan menyenangkan. Begitu juga dalam mengakses aplikasi ini. Sebelum kegiatan berakhir, penulis meminta rekan guru untuk menyimpan media yang sudah di-publish  pada google drive. Penulis juga menyampaikan cara agar media dapat diakses secara online melalui laman drive to web yang dapat diakses melalui link www.drv.tw. Namun, sayang sekali karena laman DriveToWeb saat itu sedang bermasalah sehingga tidak bisa digunakan. Untuk mengatasinya, penulis meminta rekan-rekan guru untuk menyimpan media di google drive dan menggunakan link pada G-drive saat akan menautkan link ke media bahan ajar yang akan diupload ke PMM. 

Meskipun waktu yang singkat sehingga tidak dapat menyelesaikan media, namun penulis cukup senang karena wakil kepala bidang kurikulum kedua jenjang menghimbau rekan-rekan guru untuk berkomitmen dalam menyelesaikan media yang sudah dibuat. Dengan demikian, aksi kali ini tidak hanya memberikan inspirasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran saja, namun juga sekaligus memberikan pengalaman kepada rekan guru dalam mengembangkan sendiri media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Berikut daftar hadir kegiatan 


Beberapa hari setelah aksi ini dilaksanakan, penulis mendapatkan chat WA dari salah seorang guru yang terlihat betul-betul antusias dalam kegiatan ini. 



Demikian cerita aksi kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi. Tetap semangat dalam belajar, mengajar, dan berkarya. 






Post a Comment

1 Comments

  1. Ilmu yang dibagi akan semakin bermanfaat. Tulisan ini membuat saya tergugah untuk membagi pengalaman melalui tulisan. Sangat menginspirasi

    ReplyDelete