Belajar Geogebra bersama Mahasiswa Kelas 4C Untirta

Matematika memiliki objek kajian bersifat abstrak merupakan salah satu karakteristik dari matematika.
Fakta tersebut tidak dapat dipungkiri dan sering menjadi masalah dalam mempelajari matematika karena selalu dianggap sulit. Hal inilah yang mempengaruhi motivasi belajar murid.  Tidak jarang penulis menemukan murid yang garuk-garuk kepala bahkan sampai tertidur karenanya. Bagian yang paling menyedihkan adalah melihat ekspresi melongo murid ketika sedang dijelaskan, menunjukkan seolah-olah mereka pasrah dan sedang dipaksa untuk belajar 😭😭😭

Media pembelajaran seharusnya bisa jadi salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Geogebra.
Geogebra merupakan software matematika yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan objek-objek matematika secara cepat, akurat dan efisien. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman murid terhadap konsep yang telah dipelajari maupun sebagai sarana untuk mengenalkan atau mengkonstruksi konsep baru. Selain dapat diinstal pada komputer/laptop maupun hp, Sahabat juga dapat mengaksesnya melalui browser dengan mengunjungi laman Geogebra.
Salah satu contoh pemanfaatan geogebra dapat dilihat pada media berikut ini.


Untuk dapat menggunakan Geogebra, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi pada web resminya disini atau menggunakan secara online dengan mengunjungi laman webnya di https://www.geogebra.org/
 
Jika menggunakannya secara online, Sahabat disarankah sign in terlebih dahulu karena aktivitas yang dilakukan secara online pada situs Geogebra akan tersimpan pada akun masing-masing sehingga media yang pernah dibuat sewaktu-waktu dapat dibuka atau diedit kembali. 
Untuk yang belum memiliki akun geogebra, caranya cukup mudah yaitu bisa dengan sign in menggunakan akun google atau facebook.
Salah satu keunggulan  penggunaan geogebra secara online adalah dapat membuat aktivitas yang bisa dishare ke murid bahkan secara realtime dapat berinteraksi dengan yang lainnya. Untuk melihat contoh  aktivitas pada geogebra yang dibuat secara online, Sahabat dapat mengunjungi laman berikut ini https://www.geogebra.org/classroom/g7dnfdge.

Bagaimana cara membuat alat peraga dengan bantuan geogebra?
Untuk dapat melakukannya, Sahabat sebaiknya mengetahui dan memahami fungsi dari setiap tools yang ada pada geogebra. Namun, tidak perlu khawatir sebab berikut ini penulis akan memberikan beberapa video tutorial sebagai panduan untuk membuat sekaligus menggunakan media berbantuan geogebra. Video-video berikut ini dibuat oleh mahasiswa kelas 4C Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam mata kuliah Media Pembelajaran Matematika.

Video tutorial menghitung luas bangun datar 
Video milik Zakiya Amalia dkk

Tutorial penggunaan aplet geogebra untuk data tunggal statistika
Video milikAnggi Arrochman dkk

Tutorial membuat media interaktif bangun ruang sisi datar
Video milik Anggi Arrochman dkk

Tutorial penggunaan geogebra dalam pembuktian teorema pythagoras dan fungsi kuadrat
video milik Asma dkk

Tutorial membuat jaring-jaring kubus dan balok


Video milik Nadya Rezky dkk

Tutorial penggunaan geogebra dalam materi ruang vektor 3 dimensi
Video milik Nadya Rezky dkk

Tutorial membuat media pembuktian teorema phytagoras
Video milik Aulia Urohmah dkk

Tutorial pemanfaatan geogebra dalam menentukan garis tinggi dan garis berat segitiga
Video milik Aulia Urohmah dkk

Tutorial membuat media penjumlahan pecahan
Video milik Angelita Franciska dkk

Tutorial menggambar bangun datar pada bidang kartesius
Video milik Maulida dkk

Demikian tulisan kali ini semoga bermanfaat untuk Sahabat dimana pun berada. Semangat belajar, semangat berkarya ^_^

Post a Comment

0 Comments