Pasca pandemi Covid-19, banyak tantangan yang harus dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran. Terutama dalam mengembalikan minat belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kurikulum merdeka hadir menawarkan solusi berupa pembelajaran berdiferensiasi yang dalam pelaksanaannya dianggap mampu memenuhi kebutuhan murid sesuai dengan minta belajarnya.
Tahap pertama yang harus dilakukan guru sebelum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah dengan melakukan tes awal guna memetakan kebutuhan belajar siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Tes awal ini sudah penulis lakukan di awal tahun pembelajaran 2022/2023.
Pada tulisan ini, penulis akan menceritakan tentang pembelajaran berdiferensiasi yang sudah diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII di SMPN Satu Atap Emboan pada materi perkalian pecahan.
![]() |
Siswa menggunakan media air dan gelas |
![]() |
Siswa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif |
Adapun tahapan pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut:
- Guru memberikan apersepsi mengenai materi sebelumnya.
- Guru memberikan simulasi penggunaan media gelas dan air. Disini, guru memberikan tanda di gelas plastik yang menunjukkan 1/3 dan 2/3 bagian gelas.
- Siswa diberikan stimulus berupa permasalahan tentang perkalian pecahan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, siswa bisa mempelajari konsepnya dengan menggunakan dua media yang telah disediakan.
- Siswa diberikan penguatan terhadap konsep yang baru saja dipelajari
- Siswa mengerjakan kuis yang ada pada MPI
- Siswa memberikan kesimpulan dan umpan balik terhadap kegiatan pembelajaran
Demikian praktik baik tentang pembelajaran berdiferensiasi yang sudah penulis terapkan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi terutama untuk sekolah-sekolah penerima bantuan chromebook di daerah yang sulit mengakses sinyal internet.
#PusdatinKemdikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022
#DutaTeknologiKemdikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022
#DutaTeknologiKemdikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK
0 Comments