Akses Lab Maya Tanpa Sinyal, Why Not? (Solusi Pemanfaatan IT di Daerah 3T)

 Dalam tulisan ini, penulis akan bercerita tentang praktik baik pemanfaatan Laboratorium Maya yang telah diterapkan dalam pembelajaran matematika di SMPN Satu Atap Emboan. Praktik baik ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Oktober 2022 di kelas IX pada materi Grafik Fungsi Kuadrat. 

Penggunaan Lab Maya dalam praktik baik ini, merupakan solusi bagi kami disekolah dalam mengoptimalkan penggunaan chromebook. Selama ini, penggunaan chromebook dalam kegiatan pembelajaran belum dapat dioptimalkan sebab terkendala jaringan intrernet. Beruntungnya, ketika penulis mencari media untuk kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, penulis menemukan bahwa salah satu media berupa laboratorium maya pada Portal Rumah Belajar dapat di download dan diakses tanpa jaringan internet. 

Laboratorium maya digunakan untuk memperkuat pemahaman konsep dalam proses pembelajaran. Pada praktik baik ini, penulis menggunakan salah satu media pada Lab Maya berupa grafik fungsi kuadrat. Manfaat media ini adalah mampu mengatasi keterbatasan waktu sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran dalam satu pertemuan. Sebab, jika peserta didik menggambarkan sendiri grafiknya, maka waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran akan lebih lama, bahkan bisa jadi dua pertemuan. 


Pada praktik baik ini, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik grafik fungsi kuadrat berdasarkan nilai diskriminan dengan bantuan media Lab Maya. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan adalah sebagai berikut: (1) Guru memberikan penjelasan singkat di awal pembelajaran mengenai diskriminan fungsi kuadrat; (2) Selanjutnya, investigasi dimulai dengan merumuskan masalah "Apakah nilai diskriminan mempengaruhi grafik fungsi kuadrat?"; (3) Peserta didik mengumpulkan data dengan bantuan LKPD yang dibagikan. Dalam hal ini, guru memberikan bimbingan hanya seperlunya saja. Lebih jauh, bimbingan yang diberikan mengarahkan siswa menuju ke arah tujuan yang hendak dicapai; (4) Peserta didik menggunakan media Lab Maya dalam melihatbentuk grafik fungsinya; (5) Peserta didik menganalisis data yang telah terkumpul dan membuat perkiraan dari hasil analisis tersebut; (6) Peserta didik mengkomunikasikan hasil yang diperoleh dihadapan guru dan teman-teman sekelasnya. Pada tahap ini guru memberikan umpan balik atas hasil kerja peserta didik; (7) Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengerjakan latihan soal untuk memperkuat konsep yang baru mereka dapatkan. 



Untuk lebih jelasnya, pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat pada video berikut atau melalaui instagram

Demikian praktik baik yang telah diterapkan pada pembelajaran Matematika di SMPN Satu Atap Emboan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan mampu menginspirasi rekan-rekan guru lainnya. 


#PusdatinKemdikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022
#DutaTeknologiKemdikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK



Post a Comment

0 Comments