Menginspirasi Melalui Kreasi


Hal terbaik dalam berbagi video praktik baik adalah ketika orang tertarik dengan metode atau media yang kita gunakan dan ingin ditunjukkan cara pembuatan hingga penerapannya. Begitulah yang penulis rasakan ketika membagikan video inovasi pembelajaran Menyusuri Koordinat dengan LenSite dan mendapat respon positif dari beberapa rekan sejawat. 


Beberapa dari rekan yang juga merupakan guru ingin ditunjukkan cara pembuatan media dan bagaimana penerapannya di kelas. Inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan sesi berbagi praktik baik penggunaan google site dan goole lens dalam pembelajaran yang dikemas menarik dalam bentuk penjelajahan. 

Berdasarkan kesepakatan dengan rekan tersebut, penulis akhirnya melakukan aksi berbagi ini pada hari Jumat, 21 Oktober 2023 pukul 20.00 WITA melalui google meet. Pada aksi ini, penulis juga mengundang beberapa sahabat penulis yang juga berprofesi sebagai guru. Sayangnya, kegiatan yang terkesan dadakan ini hanya dihadiri oleh 14 orang. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat penulis dalam berbagi. 



Dalam aksi ini, penulis menyampaikan video praktik pembelaran yang telah diterapkan kemudian menyampaikan tutorial singkat mengenai cara memanfaatkan google lens dan pembuatan google site sebagai media pembelajaran. Berikut rekaman sesi berbagi yang dilaksanakan dan daftar hadir serta kesan yang diberikan

'




Ternyata, ada sesi lanjutan dalam berbagi praktik baik penerapan dan pembuatan media LenSite ini. Salah seorang sahabat penulis yang tidak dapat bergabung pada pertemuan Jumat malam, Bu Guru Oktia, meminta waktu khusus karena dia tertarik untuk segera menerapkannya di kelas. Akhirnya, pada hari Senin, 23 Oktober 2023, setelah jam mengajar, penulis melakukan panggilan video melalui google meet bersama Ibu Oktia. Pada panggilan video tersebut, penulis memperlihatkan media yang digunakan dan tampilan soalnya di Google Site. Selanjutnya, rekan tersebut berbagi layar dan mencoba secara mandiri cara membuat media di google site dengan dipandu oleh penulis. 




Pertemuan secara tatap maya ini menghasilkan media berbeda yang telah dimodifikasi sebagai bentuk perbaikan dari media yang pernah penulis terapkan sebelumnya. Temtu peruabahan tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi murid di sekolah tempat Ibu Oktia mengajar. Bagaimana Bu Oktia menerapkannya? 

Nb: sudah mendapat ijin untuk diposting

Pembelajaran dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Oktober 2023 pada materi Skala. Yang menjadi refleksi kami saat berdiskusi beberapa waktu lalu adalah kemungkinan murid menjawab secara asal-asalan apabila menerapkan cara yang sama dengan yang penulis terapkan. Sehingga kami berkolaborasi dalam membuat cara yang berbeda, yaitu murid menginput jawaban pada google form yang diintegrasikan pada google site. Jika menjawab salah, mereka akan diarahkan menonton video penjelasan materi yang sesuai. Sedangkan untuk jawaban benar, mereka akan mendapat petunjuk mengenai jalur yang tepat.


Bagaiman hasilnya? 


Ternyata sangat menyenangkan apabila pembelajaran yang kita terapkan dapat menginspirasi orang lain.  Apalagi jika pembelajarannya memberikan hasil yang baik bagi murid.
Semoga kedepannya, baik penulis maupun Sobat Guru dimanapun berada bisa melakukan lebih banyak hal yang berdampak pada pendidikan agar menjadi lebih baik. Terus semangat, terus berproses :D
Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih :D

#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#DutaTeknologiKemdikbudristek
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar












Post a Comment

0 Comments