Berkarya dan Berbagi bersama Sahabat Teknologi Lombok Tengah 2023

 Ingin menebarkan kebermanfaatan lebih banyak, maka kolaborasi adalah kunci untuk mewujudkannya. 


Tidak terasa bahwa tahun ini adalah tahun ketiga penulis mengikuti kegiatan PEMBATIK. Bagi penulis, kegiatan ini menjadi semacam candu dan sayang untuk dilewatkan. Kegiatan ini tidak hanya menambahkan komptensi penulis dalam bidang TIK, namun juga menambah pengalaman dan relasi. Pada tahun sebelumnya, penulis berkolaborasi bersama dengan Pak Panji dan Pak Citra, namun kali ini kami mendapatkan tambahan personil, yaitu Pak Satria dan Pak Ali. Jadi nambah teman, seru bukan?😁😁😁

Kami memutuskan untuk berkolaborasi pada kegiatan Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan TIK dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Aksi ini merupakan upaya kami dalam menguatkan ekosistem digital pendidikan dengan berkarya dan berbagi untuk wujudkan merdeka belajar. Harapannya, praktik baik yang telah kami terapkan dapat menginspirasi rekan-rekan guru lainnya sehingga media atau metode yang kami gunakan dapat lebih bermanfaat. 

Agar pelaksanaan kegiatan berbagi praktik baik ini berjalan lancar, kami melakukan beberapa persiapan diantaranya adalah menetapkan waktu pelaksanaan, susunan materi, menyiapkan dan menyebarluaskan flyer, link google meet yang akan digunakan, dan berkoordinasi dengan Duta Teknologi 2022, Bapak Dian Khoirul Huda untuk dapat menjadi keynote speaker dalam aksi ini. Diskusi dan kolaborasi ini kami lakukan melalui grup WA dan online meeting  menggunakan google meet. 




Sesuai dengan kesepakatan, kami melaksanakan kolaborasi ini pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 mulai pukul 13.30 WITA sampai dengan 15.30 WITA. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dengan dihadiri oleh lebih dari 80 orang peserta. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini secara berurutan adalah sebagai berikut:
  1. PREMITIF (Penerapan RME berbantuan Multimedia Interaktif) dalam upaya optimalisasi penggunaan Chromebook yang disampaikan oleh penulis, Etrin Junintha Pradipta
  2. Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menerapkan Model Game Based Learning pada Materi Adaptasi Hewan, yang disampaikan oleh Bapak Citra, S.Pd., Gr
  3. Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Google Classroom, yang disampaikan oleh Bapak Satria Budiawan, S.Pd
  4. Implementasi P5: Pemantik (Penjualan Meningkat dengan Memanfaatkan TIK) yang disampaikan oleh Bapak Panji Setiawan, S.Pd., Gr
  5. Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan media Phet dan Google Site yang disampaikan oleh Bapak M. Hadil Ali, S.Pd
Setelah penyamapaian materi, kami membuka sesi tanya jawab. Ternyata, para peserta begitu antusias, sebab beberapa diantaranya menanyakan bagaimana kami menerapkan pembelajaran secara lebih mendetail. Untuk penulis sendiri, mendapat pertanyaan apakah media Jelajah Fungsi yang penulis gunakan dalam pembelajaran dapat diakses menggunakan perangkat lain atau tidak. 




Perasaan penulis setelah melaksanakan kegiatan ini adalah sangat senang, terlebih ketika melihat antusiasme rekan-rekan guru lainnya. Apalagi saat melihat daftar hadir, penulis melihat banyak rekan-rekan guru Yayasan Generasi Muslim Cendekia yang hadir mengikuti kegiatan. Artinya, api semangat bertransformasi dalam diri mereka sudah mulai menyala. Semoga hal ini terus berlanjut sehingga membawa perubahan positif baik pada diri guru, murid maupun sekolah tempat mengabdi.
 
Penulis berharap rekan-rekan guru dapat menerapkan pembelajaran digital sesuai dengan kebutuhan dan kondisi murid di sekolahnya masing-masing. Berikut daftar hadir dan rekaman video kegiatan.



Semoga tulisan kali ini ini , semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru lainnya. 

#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar



Post a Comment

2 Comments

  1. Terus bergerak mewujudkan merdeka mengajar

    ReplyDelete
  2. Selalu semangat Bu guru hebat. Tulisannya sangat menginspirasi tulisannya mudah dimengerti.

    ReplyDelete